Bupati Nias Barat Gelar Rakor Persiapan Kegiatan aekhula

mmcnews00

NIAS BARAT | MMC SRIWIJAYA – Dalam rangka persiapan pelaksanaan Festival Pesona Aekhula, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di ruang Aula Soguna ba Zato, Senin (25/04/2022).

Pada Rakor tersebut, hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat Prof. Dr Fakhili Gulo bersama Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD , Camat dan Kepala Desa, TNI/Polri, BUMN, BUMD dan tokoh Masyarakat Kabupaten Nias Barat.

Dalam arahannya Bupati Khenoki Waruwu, menyampaikan bahwa sehubungan dengan pelaksanaan event Festival Pesona Aekhula (FPA) yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 – 5 Juni 2022 mendatang perlu mempersiapkan kegiatan yang akan dilaksanakan serta mengajak masyarakat mengambil bagian bahkan menjadi pelaku utama yang memeriahkan festival mendatang.

Ia mengatakan, kesuksesan pelaksanaan event terletak pada semangat gotong royong dan kerjasama kita bersama. Keberhasilan ini adalah keberhasilan seluruh masyarakat Kabupaten Nias Barat.

Mari kita menjadi teladan bagi Kabupaten/Kota yang lain yang masih belum menyelenggarakan event seperti ini. Tetap semangat walaupun Covid-19 masih ada, namun jangan menjadi penghalang untuk terus berkreativitas, berkolaborasi dan saling bersinergi.

Lanjutnya, bahwa penyelenggaraan Festival Pesona Aekhula Tahun 2022 berpedoman pada falsafah dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat.

Event Festival Pesona ini merupakan pesta budaya rakyat Kabupaten Nias Barat. Dimana pada acara puncak nanti akan ada atraksi pemukulan 105 gendang (gendra) dan 8 gong (aramba) yang memiliki makna bahwa angka 105 mewakili 105 Desa di Kabupaten Nias Barat dan angka 8 menandai 8 Kecamatan di Kabupaten Nias Barat yang menandai kebersamaan dan gotong royong segenap lapisan masyarakat.

Adapun rangkaian acara yang akan dilaksanakan di antaranya, lomba Aekhula Voice, Festival Kerajinan Tangan, kuliner, layang-layang, spot foto, mancing mania, bazzar. Untuk informasi lomba dapat menghubungi langsung kontak person Harapan Gulo (085262928861) dan Vitas Sarumaha (081363107118).

Untuk diketahui bahwa Event Festival Pesona Aekhula telah masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2022, yang berhasil masuk di jajaran elit kalender event nasional,”papar Bupati.

Kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi selama 2 tahun lebih telah menyebabkan dampak yang sangat serius dalam berbagai sektor pembangunan di seluruh dunia terutama pada sektor pariwisata yang menyebabkan turunnya angka kunjungan wisatawan, bahkan banyak pelaku usaha pariwisata mengeluh karena tidak adanya tamu atau wisatawan yang datang berkunjung. Sehingga berdampak pada lemahnya perekonomian masyarakat, karena pendapatan berkurang.

Untuk itu, diperlukan keseriusan bersama seluruh pihak untuk memulihkan perekonomian serta membangkitkan gairah pariwisata dalam mempromosikan potensi pariwisata Daerah, melestarikan budaya dan mengembangkan kerajinan tangan khas Daerah.
(Millika daeli).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *